Migrasi Email

Aku sudah memindahkan contact list dari Opera dan Yahoo! ke GMail. Seperti sudah direncanakan, langkah selanjutnya adalah memindahkan arsip email di Opera Mail ke GMail. Ini akan memudahkan dalam mengelola arsip email, dan tidak perlu repot jika butuh mengakses arsip email dimana saja, pakai komputer siapa saja- selama ada akses internet.
Aku mencoba Gmail Loader, tapi selalu gagal. Tidak tertarik untuk mencari penyebabnya (heh …), akhirnya aku mencoba alternatif lain – gExsodus … berhasil! Sangat mudah, tidak perlu instalasi dan satu-satunya konfigurasi yang mungkin harus kamu perhatikan adalah SMTP server GMail yang digunakan. SMTP server default tidak berhasil untukku, tapi hei … dia juga menyediakan link ke lookup SMTP server lain. Jadi tidak ada masalah.
gExsodus juga mencoba untuk bisa memberikan label bagi email yang kita import, tapi tidak berhasil – dia cuma menambahkan string didepan subject email, bukan label yang sebenarnya.

Yang merepotkan adalah – karena Opera Mail menyimpan arsip email dibanyak file .mbs (mbs adalah format yang kompatibel dengan format mbox) – jadi import mail harus dilakukan untuk tiap file mbs itu. Meh …

Entri sebelumnya:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: