VBD Annoyance

Ada yang sudah pernah mencoba membuat ActiveX Document dengan Visual Basic 6.0? VBD namanya. Aku bukan penggemar Visual Basic tapi ada aplikasi rekanan yang menggunakan solusi ini dan mengalami masalah. Aku diminta membantu. Konsepnya seperti ini, kita membuat file VBD dan cabinet berisi semua library di web server, user akan diarahkan untuk mendonlod dan menginstall komponen ActiveX ini dimesinnya and seterusnya.
Kode sumber softwarenya sudah aku perbaiki, aku coba run dilingkungan Visual Studio 6.0 dan tidak ada masalah. Masalah muncul ketika aku mengetes package yang sudah dideploy ke web server. Pain in the friggin ass !!!
Alih-alih IE mendonlod dan menginstall komponen ActiveX tersebut, yang ada malah diminta menyimpan. Pada beberapa client bisa diatasi dengan mengupgrade komponen yang sudah ada dimesinnya, tapi fresh install untuk client yang belum memilki komponen tersebut … no hope, setidaknya sampai sekarang.
Ini beberapa solusi dari internet yang sudah aku coba tapi tidak berhasil.
1. menghapus semua referensi di registry untuk file dengan ekstensi .vbd
2. menurunkan level security IE untuk zona file tersebut dihost.
3. menambahkan MIME type di IIS agar file .vbd ditangani sebagai binary (yang sebenarnya sudah – secara default)
4. mengganti file html penunjuk instalasi komponen (ada detilnya disuatu tempat)

Tidak ada yang berhasil!
Walaupun sudah bisa bekerja pada mayoritas mesin client, aku masih penasaran bagaimana menyelesaikan masalah ini. Solusi vbd ini memang menyebalkan – sangat tergantung pada banyak hal. Bisa diperdebatkan, tapi java applet mungkin lebih bagus. Kalau ada yang punya ide, please help. Thx

Leave a Reply

