Menuju Sampah

Aku baru tahu tentang acara Tujuh Hari Menuju Tobat yang ditayangkan Lativi setelah membaca artikel diblog mediacare ini. Aku sendiri belum pernah menonton acaranya, tapi menyimak deskripsi dan pertukaran email antara seorang pemirsa dan production-house pembuat acara itu, aku tahu itu acara sangat buruk yang dibuat oleh orang bodoh dan yang membutuhkan tobat adalah mereka yang membuat acara itu.

Berikut kutipan email dari Agustinus Kutel untuk Pidi Project, PH yang membuat acara itu.

Salah satu episode acara itu menayangkan tentang tim THMT yang mencoba mempertobatkan seorang perempuan yang disebut mereka lesbian.

Di sebuah ladang yang gelap, perempuan itu dimasukkan ke dalam kerangkeng yang digantungkan di pohon. Di bawah kerangkeng terdapat kobaran api. Tiga orang
berkedok membawa obor. Ada kata-kata, “Apakah Anda mau bertobat karena telah menyalahi kodrat?”

Perempuan itu menangis. Berteriak-teriak. Memanggil nama ibunya (bukan Allah). Dan kerangkeng itu dinaik turunkan talinya. Saya menangis melihat adegan itu.

Tak cukup sampai di situ. Perempuan itu pun dimasukkan ke dalam kurung batang (keranda). Didandani seperti mayat dan dibalut kain kafan. Di sekeliling keranda
ada kobaran api. Perempuan itu menangis menyebut nama Ibu.

Apapun pilihan hidup seseorang, termasuk preferensi seks bukanlah urusan orang lain, selama tidak mengganggu orang lain. Ok, kata ‘mengganggu’ bisa saja dipelintir, tapi buatku 2 orang berjenis kelamin sama bergumul-jungkir balik diproperti pribadinya dan tidak terlihat olehku tidak masuk dalam kategori mengganggu. Lagipula siapa yang memberi hak untuk seseorang menghukum (dan bahkan menganiaya) orang lain dengan caranya sendiri dinegara hukum seperti Indonesia? Sekali lagi kata ‘menghukum’ bisa Anda pelintir, tapi yang mereka lakukan penganiayaan fisik dan psikis.

Oh, kamu mungkin ingin ikut berpartisipasi dalam petisi menentang aksi kekerasan melanggar hukum yang kerap dilakukan oleh FPI (link).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: